Kamis, 06 Desember 2012

Materi Pertemuan Kedua

Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan yaitu; 

Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari;
  • Input/Output Device (I/O Device) terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keybord dan printer.
  • Storage Device (perangkat penyimpanan) mmarepakan media untuk menyimpan data seperti disket, hard disk, CD-I, flash disk dll.
  • Monitor/Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDO).
  • Cassing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu mother board, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Cesing Unit ini disebut juga dengan System Unit.
  • Central Processing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggiah prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu;
  • Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
  • Program Paket, seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Brainware (User)
User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti System analis, programmer, operator, user dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronick Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP. 

Materi dalam pertemuan pertama ini, adalah membahas tentang cara pengoperasian windows.
untuk memulai mengoperasikan windows adalah,tekanlah tombol on off pada komputer anda.Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan awal yang disebut dekstop.
windows eksplorer adalah program aplikasi yang dipergunakan untuk mengatur file dan folder pada sistem operasi windows.

Folder adalah tempat untuk menyimpan file-file yang kita pergunakan.Namun,jika kita membuat suatu folder jangan sekali-kali menyimpan folder tersebut di dalamn partisi c.Karena didalam partisi c terdapat program" aplikasi yang bila program tersebut terkena virus dan hilang, folder itu kemungkinan bisa hilang atau terhapus. 

Cara membuat folder adalah:
  1. klik folder media simpan anda, klik menu file
  2. klik new,kemudian klik folder.
  3. ketik nama anda,kemudian enter.
Cara mengganti nama folder:
  1. klik nama folder yang akan digaanti namanya,Klil kanan hingga muncul menu shortcut .
  2. klik RENAME,lalu tuliskan nama baru kemudian klik enter.
Cara mengakhiri operasi windows:
1. klik shutdown... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar